Jumat, 30 April 2010

Misteri 10 Juni


Nama saya Niko. Panjangnya Niko Cahya Pratama. Saya Lahir di Sebuah kampung di pinggir pantai, kurang lebih sekitar dua ratus meteran dari pantai. Pada hari Minggu, tanggal 18 di bulan Juni, tahun 1989, itulah hari, tanggal, bulan dan tahun saya lahir ke dunia ini. Pada zaman itu, nama Niko masih sangat asing di telinga orang-orang di daerah saya. Nama-nama yang ngetren ketika itu adalah nama-nama seperti: Ujang, Sarip, Utun, Abdul, Hasan (jika namanya Hasan, di kampung saya biasa dipanggil dengan sebutan Kacong), Somad, Jamra, Nawawi, dan masih banyak lagi nama-nama ngetren lainnya.

Menurut kabar yang saya dengar dari orang yang dapat dipercaya, ketika saya terlahir ke dunia ini, ketika itu bertepatan dengan jadwal pertandingan tinju antara jawara dari Indonesia yaitu Niko Thomas melawan petinju hebat lainnya( saya 'gak tahu namanya). Ketika Niko Thomas memukul KO lawannya dan mendapatkan gelar juara tinju dunia di kelasnya, ketika itu pula saya berojol dari perut ibu saya tercinta. Oleh karena ibu dan bapak saya menginginkan saya menghajar KO apapun rintangan yang menghalangi saya dalam meraih kesuksesan, maka kedua orang tua saya sepakat menggunakan nama Niko untuk nama depan anak kesayangannya.

Ada yang unik dari kelahiran saya dan adik-adik saya. Sebelum membicarakan keunikan itu, terlebih dahulu saya akan memperkenalkan adik-adik saya tersayang. Adik pertama saya berjenis kelamin perempuan. Dia memiliki perawakan yang numayan subur, oleh karena itu saya biasa memanggilnya N'dut. Namanya Dini Nur Pratiwi. Dia orangnya rame dan mudah bergaul dengan orang. Tidak heran jika dia memiliki banyak teman, dari anak yang masih bau kencur sampe ibu-ibu pengajian bahkan nenek-nenek, akrab dengan dia. Alhamdulillah, kemarin dia lulus UN (Ujian Nasional). Akhir-akhir ini dia sering membaca buku. " Saya ingin kuliah di Universitas tempat kamu menuntut ilmu A, Saya ingin bersaing, siapa diantara kita yang paling pintar," Dini menantang saya ketika saya liburan dan pulang kampung.

Adik nomer dua saya namanya Fadlan Nur Hadian, jika dilihat dari namanya, sudah dipastikan dia berjenis kelamin sama dengan saya. Saya, keluarga, juga yang lainnya memanggil dia dengan sebutan Adam. Sampai sekarang saya tidak tahu pasti apa yang menyebabkan Fadlan dipanggil Adam. Mungkin jika liburan semester nanti, saya akan pulang dan menanyakan hal ini kepada orang tua saya. Kami memiliki kesamaan hobi. Kami sangat suka bermain sepak bola. Selain itu juga, kami memiliki kesamaan sifat. Saya dan Adam adalah tipe orang yang pemalu, sangat berbeda dengan adik saya yang satunya.

Kembali pada masalah unik yang sudah saya tuliskan di atas. Kami (saya dan kedua adik saya) terlahir pada bulan yang sama yaitu pada bulan Juni. Jika di umpamakan pada dunia sepak bola, orang tua saya telah membuat hatrick (mencetak tiga gol dalam satu pertandingan). Bahkan tidak hanya berhenti sampai disitu, Saya dan Adam lahir pada tanggal yang sama yaitu pada tanggal 18. Dini sedikit melenceng tanggal kelahirannya, dia lahir pada tanggal 10. Mungkin jika Dini lahir pada tanggal yang sama dengan saya, ada kemungkinan dia akan memiliki sifat pemalu seperti saya. Dan mungkin, jika saya dan Adam terlahir pada tanggal yang sama dengan tanggal Dini lahir, berkemungkinan besar saya akan memiliki sifat yang rame dan tidak pemalu. Sedikit berpegang pada fenomena unik yang terjadi pada kehidupan keluarga saya ini, saya akan mencari seorang istri yang bisa diajak bekerja sama layaknya dua orang striker (penyerang di dunia sepak bola) agar saya dan istri saya kelak dapat membuat hatrick seperti apa yang telah dibuat orang tua saya dahulu, bahkan jika bisa harus lebih dari pada itu.

Kelak, jika saya sudah memiliki istri, akan saya ajak istri saya tercinta itu untuk merealisasikan sebuah rumus yang sudah saya temukan jauh-jauh hari. Jika rumus itu dapat dilaksanakan dengan baik, maka hasil akhirnya adalah anak-anak kami nantinya akan terlahir pada tanggal 10 di bulan Juni. Saya ingin anak-anak saya kelak tidak memiliki sifat pemalu seperti bapaknya. Saya ingin mereka berani tampil di depan, mereka berani mengeluarkan argumen-argumennya di muka umum, tidak seperti bapaknya yang bisanya hanya menyesal dan menyesal karena tidak mampu dan tidak berani mengeluarkan gagasan atau pernyataan yang hanya terendapkan di otak sampai berkarat. Saya ingin mereka berwatak seperti tantenya, yaitu bisa dengan mudah memaparkan apa yang tertulis di pikirannya dengan baik.

Untuk waktu kelahiran anak-anak saya kelak, karena saya ingin mereka bersifat seperti tantenya, maka mau tidak mau anak-anak saya kelak harus terlahir pada tanggal 10 di bulan Juni. Dan untuk persiapan yang lebih baik, karena ada pepatah mengatakan semakin lama persiapan, maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan. Oleh karena itu, dari lubuk hati yang paling dalam yang melebihi dalamnya palung-palung di Samudera Pasifik, dengan sepenuh hati saya mengabarkan kepada calon istri saya yang sampai sekarang masih misterius keberadaannya, untuk mempersiapkan mental pada setiap tanggal 10 Juni-nya. Karena tidak menutup kemungkinan, salah satu perempuan yang pembaca tulisan saya ini (kalau memang ada yang membaca) ditakdirkan oleh Allah Swt sebagai jodoh saya. Yang jelas, ada satu pesan inti saya, yaitu, marilah kita belajar dan terus belajar untuk menjadi orang yang baik, supaya kita bisa menjadi orang yang baik, karena Allah berfirman dalam alquran, di surat An-Nur, untuk ayatnya saya lupa, yang jelas terjemahan bebasnya adalah seperti ini," Perempuan yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik, bagitupun sebaliknya. Dan perempuan yang tidak baik akan mendapatkan laki-laki yang tidak baik pula, begitupun sebaliknya". Merenungi ayat tersebut, marilah kita berusaha menjadi orang baik, supaya bisa dengan mudah kita mengemudikan bahtera rumah tangga kita kelak, untuk menempuh satu tujuan yaitu menuju keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Amin.

2 komentar:

  1. ceritanya lucu... tp tgl 20 juni lbh unik lg... campuran kedua sifat tgl 18 dan 10 juni...

    BalasHapus
  2. Makasih Na....
    tanggal 20 Juni...????
    kelahiran Na ya...???
    yakin 20 lebih unik lagi...???

    BalasHapus